makna Tahun Baru 1 Muharram



1 Muharram merupakan tahun baru bagi ummat Islam. Ya, pada tanggal ini, sebagian umat Islam merayakan pergantian tahun Hijriah. Saya sebut sebagian karena memang tidak semua ummat Islam merayakannya. Karena sebagian lagi hanya mengenal tahun barunya pada tanggal 1 Januari (di tahun Masehi). Seharusnya justru kita sebagai ummat Islam harus merayakan tahun baru pada tanggal 1 Muharram.

Banyak cara untuk merayakan tahun baru Hijriah. Bukan dengan pesta semalam suntuk apalagi sambil minum-minuman sampai mabuk, tetapi yang paling baik adalah dengan membaca kitab suci Al Qur’an atau tadarusan, mengikuti ceramah di majlis-majlis taklim dan berdo’a atau berdzikir.

Tahun Hijriah itu sendiri dimulai ketika Rasulullah Muhammad SAW melakukan hijrah atau pindah dari Mekkah ke Madinah atas perintah dari Allah SWT. Hal itu dilakukan karena dakwah Rasul untuk menyebarkan agama Islam mendapat tantangan bahkan perlawanan dari penduduk Mekkah (kaum Quraisy). Setelah Hijrah ke Madinah, bersyukur penduduk Madinah yang disebut kaum Anshor, menerima Rasul dengan baik, maka berkembanglah gama Islam dengan pesat disana.

Bila memaknai cerita sejarah di atas, tidak semata-mata Allah menyuruh Rasul hijrah bila tidak ada kebaikan di sana. Tidak semata-mata Allah menghendaki sesuatu kepada kita bila tidak ada kebaikan atau manfaatnya bagi kita. Kadang kita meng-artikan lain atas kehendak Allah. Kalau kita lebih bijak dalam memaknai sesuatu, pasti akan ada kebaikan dibalik itu semua.

Sahabat, bertepatan dengan tahun baru Hijriah ini, merupakan saat yang tepat untuk kita jadikan bahan renungan serta introspeksi diri, memperbaiki segala kesalahan di masa lampau dan merupakan momen yang tepat untuk kita hijrah.
Bagi sahabat yang biasa melakukan hal-hal yang syirik, yuk kita hijrah untuk melakukan hal-hal yang tauhid. Bagi sahabat yang biasa melakukan hal-hal yang maksiat, yuk kita hijrah untuk melakukan hal-hal yang dapat mendatangkan Maghfirah.
Bagi sahabat yang biasa melakukan korupsi, yuk kita hijrah untuk selalu jujur dalam bicara dan bekerja.

Insya Allah hijrah anda akan mendatangkan rahmat, berkah dan maghfirah dari Allah SWT. Dan bila kita semua melakukan hijrah seperti yang saya contohkan di atas, Insya Allah Indonesia akan jauh lebih baik..

Semoga..


adsene bawah post
Jangan Lupa Jempolnya :


Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

 

© 2011 contoh surat dan kebutuhan anda PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info