Sejarah Nama Solo



Keraton Kasunanan Surakarta satu-satunya yang memiliki bukti kuat bahwa penamaan Kota Solo di masa silam diambil dari nama pohon asal India, pohon sala. Di salah satu halaman dalam keraton, masih berdiri pohon sala yang berusia lebih dari 255 tahun. Sementara usia Kota Solo 266 tahun.

Ditemukannya pohon sala di kawasan keraton ini baru diketahui tujuh tahun terakhir. Melalui berbagai penelitian, mulai dari karakter pohon, bunga, hingga buahnya, akhirnya dipastikan ini adalah pohon sala. "Saya teliti sampai bunganya, ternyata betul sama," kata GPH Puger, kerabat Keraton Solo, baru-baru ini.

Selain berdahan rindang, pohon sala memiliki buah berwarna cokelat seukuran buah sawo. Buah pohon sala ini mirip dengan tekstur otak manusia sehingga dipercaya dapat mengurangi dampak kepikunan sekaligus menambah vitalitas.

Pihak keraton sendiri sangat mendukung upaya Pemerintah Kota Solo yang kembali melakukan penghijauan kota dengan menanam pohon sala. Selain rindang, pohon bersejarah ini tentunya akan terus lestari dan tidak punah.(BOG)


Jangan Lupa Jempolnya :


Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

 

© 2011 contoh surat dan kebutuhan anda PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info